Doctor's Note : Menanti Rambut Bertumbuh

Doctor's Note : Menanti Rambut Bertumbuh

Ooh No…….. Rambutku….

Pasti sedih dan kecil hati, ketika melihat rambut rontok begitu banyak.

Bisakah tumbuh lagi ? Berapa lama dibutuhkan rambut bisa tumbuh kembali  ? Untuk menjawab pertanyaan ini, perlu dicermati dulu penyebab kerontokan.

Beberapa faktor pemicunya :

  1. Pattern hair loss. Dengan bertambahnya usia, secara genetik beberapa folikel rambut berhenti memproduksi rambut. Biasanya akan susah untuk rambut tumbuh kembali.
  2. Alopecia areata adalah kondisi autoimun. Sistem imun akan menyerang folikel rambut. Ditandai dengan area tertentu yang tidak ada rambut sama sekali. Rambut bisa tumbuh kembali, tapi akan rontok lagi. Dan tidak bisa diketahui pasti, kapan akan tumbuh ataupun rontok kembali.
  3. Perubahan hormon. Kerontokan rambut karena perubahan hormon. Bersifat sementara, tapi juga susah untuk diprediksi kapan rambut akan tumbuh kembali.
  4. Problem tiroid. Hipertiroid atau hipotiroid bisa menyebabkan kerontokan rambut. Biasanya rambut akan tumbuh kembali setelah problem tiroid teratasi.
  5. Asupan Kekurangan zat besi dan zinc bisa menyebabkan kerontokan rambut. Rambut akan tumbuh kembali beberpa bulan kemudian setelah kekurangan zat besi dan zinc tersebut teratasi.
  6. Tingkat stres berlebih. Michelle Henry, MD, dermatologist di New York mengatakan tubuh merespon mental stress sama dengan physical stress. Stres berlebihan menghambat pertumbuhan rambut. Saat stres tubuh mengeluarkan hormon kortisol yang dapat mengganggu pertumbuhan folikel rambut dan berakibat rontoknya rambut. Mencegah stres memang tak mudah.  Hamil adalah salah satu contoh physical stress yang dapat memicu kerontokan rambut. Termasuk setelah melahirkan. Tapi jangan khawatir, rambut akan kembali tumbuh beberapa bulan.
  7. Pemakaian berlebihan produk / alat yang merusak kondisi rambut, penyakit autoimun, dll.

Bagaimana mengatasinya ?

Esther House of Beauty menyediakan metode PRP (Platelet Rich Plasma) yang disuntikkan ke kulit kepala. Ini mengingat banyak growth factor di dalam plasma yang akan merangsang pertumbuhan rambut.  

Atau dengan Growth Factor Hair Treatment, memasukkan serum pertumbuhan rambut ke kulit kepala dengan microneedling.

Berkonsultasi lebih dulu dengan dokter adalah langkah tepat. Ia akan membantu menentukan perawatan mana yang tepat, sesuai kondisi.

Dukungan penting lainnya adalah rajin menggunakan Esther Hair Tonic yang juga bermanfaat merangsang pertumbuhan rambut.  *


dr Regina Gracia, Esther Surabaya

577 Comments